“sekilas tentang puppy linux”

maap ia agan2 semua,,,,, baru saya sempet update blog,,,,, kali ini saya akan membahas tentang puppy linux,,,,,,,
kenapa saya membahas’na,,,,,?????? gni kmarin saya khan ospek di salah satu campus di bali yaitu Stikom Bali, kebetulan dalam ospek saya mendapatkan tugas buat makalah, dan pas waktu itu nama kel saya puppy,,,,
yaw gtw deh saya tulis saja tentang puppy linux, dari kegiatan ospek dah saya mendapatkan ide untuk mempostingnya di blog ini,,,,,, baiklah kalo begitu saya lanjutkan saya, dari pada basa-basi gak karuan,,,,,,,,

ayooooo kita lanjutkan saja😀
“PUPPY LINUX”
Puppy Linux adalah salah satu distro Linux Live CD yang sangat kecil ukurannya dan mengutamakan kemudahan dalam penggunaan. Seluruh sistem operasi dan aplikasinya berjalan dalam RAM, yang membolehkan media booting dilepas setelah sistem operasi berhasil dijalankan. Puppy menyertakan beberapa aplikasi untuk pekerjaan standar sehari-hari seperti Mozilla SeaMonkey untuk menejelajah internet dan mengirim email, AbiWord word-processor, Gnumeric spreadsheet, Sodipodi untuk menggambar (vector), mtPaint untuk melukis (bitmap) / meng-edit foto dan Gxine/xine untuk memutar video dan musik. Distro linux ini dikembangkan pertama kali oleh Barry Kauler, distribusi ini tidak berdasar pada distribusi linux manapun.
Rilis (resmi/stabil) terbaru distro ini adalah versi 5.1 yang dikeluarkan pada tanggal 13 Agustus 2010

A. Fitur
Puppy dapat digunakan untuk mengaktifkan komputer lama, sebagai sistem penyelamatan darurat (emergency rescue system), sebagai sistem peragaan Linux, maupun sebagai sistem operasi lengkap. Dapat dijalankan (boot) dari:
• USB flash drive/keydrive atau USB storage device lainnya yang bootable(flash-Puppy)
• CD-ROM (live-Puppy), dengan enam pilihan.
• Zip drive atau LS-120/240 SuperDisk (zippy-Puppy)
• Internal hard drive (hard-Puppy)
• Computer network (thin-Puppy)
• Emulator (emulated-puppy)
• Floppy boot disk yang akan memanggil sistem operasi selebihnya dari USB drive, CD-ROM, atau internal hard drive

Melakukan instalasi sebuah versi Puppy ke hard disk, USB disk, Zip disk, dll. dapat dilakukan dari live-Puppy atau cara instalasi lain.
Sebuah ciri khas yang membedakan Puppy Linux dari distribusi Linux lainnya adalah kemampuannya untuk beroperasi memakai write-once CD (CD sekali rekam), jadi tidak perlu memakai rewritable CD (CD yang dapat berulangkali merekam.) Puppy akan secara otomatis mengenali perubahan-perubahan di sistem file dan menyimpannya berurutan di CD. Jika CD penuh, pemakai dapat dengan mudah mengganti dengan CD baru yang akan merekam semua file dan pengaturan desktop. Distribusi Linux lain memang ada yang menyediakan sistem operasi versi Live CD, namun tidak bisa menambah atau merekam dalam Live CD tersebut.
Puppy Linux juga mempunyai sistem penulisan penyimpanan (write-caching system) yang canggih sehingga dapat memperpanjang umur pemakaian USB flash drives yang menggunakan Puppy Linux.
Live USB Puppy Linux dapat dibuat secara manual atau dengan UNetbootin.
Untuk meng-instal program, Puppy Linux menggunakan package manager sendiri bernama PetGet. Package manager yang lama, DotPup, masih dapat digunakan.
Puppy juga memiliki “remaster tool” untuk membuat live-CD versi anda sendiri dengan merekam semua perubahan yang sudah anda lakukan.
Puppy Linux menggunakan T2 SDE build scripts untuk membangun paket binary dasarnya.

Puppy 1 tersedia dalam beberapa edisi yang berbeda:
• Edisi standard menggunakan AbiWord sebagai word processor berukuran 68 MB; live-CD ISO file dengan Mozilla Firefox berukuran 52.4 MB; dengan Mozilla suite lengkap berukuran 55.3 MB; dengan Opera berukuran 49.6 MB.
• Edisi “Chubby Puppy” berukuran 96.1 MB menyertakan OpenOffice.org.
• Edisi “BareBones Puppy” berukuran 39.9 MB tanpa GUI,
• dan edisi “zdrv” standard berukuran 83 MB, dengan kernel drivers dan firmware tambahan.
• Puppy-multisession berukuran 55.7 MB, dapat menyimpan file ke dalam Live CD (multisession), sehingga pemakai dapat membawa data, dan yang terpenting, menambah program dan menyimpan pengaturan khusus, dalam CD yang sama.

Puppy 1 series dapat berjalan lancar pada komputer lama, seperti komputer Pentium dengan RAM minimal 32 MB. Untuk komputer lebih baru, lebih baik menggunakan versi USB keydrive. Jika BIOS komputer tersebut tidak mengenali booting lewat USB, Puppy floppy boot disk dapat digunakan sebagai langkah awal. Cara lain, jika BIOS tidak mengenali booting lewat USB, boot dapat dilakukan lewat CD, lalu data pemakai disimpan dalam USB keydrive saat sistem dimatikan (shutdown) dan dibaca kembali dari USB device saat bootup. Puppy Linux dapat juga berjalan dalam komputer yang menggunakan Windows 9x/Windows Me.
Puppy 2 merupakan perbaikan dari versi 1 dalam hal struktur penyimpanan file. Dalam versi 1 (Puppy 1 Series) semua file sistem operasi, driver, maupun pengaturan pemakaian dijadikan satu file, sedangkan dalam Puppy versi 2 dipisah-pisah. Puppy versi 2, contohnya Puppy 2.14 (86.5 MB), menggunakan Mozilla SeaMonkey sebagai Internet suite (gabungan web browser dan e-mail client), JWM Window Manager, Abiword, Gnumerics, dll.
Puppy 3 dibuat kompatibel dengan Slackware 12. Artinya instalasi paket-paket Slackware dapat dengan mudah dilakukan sebab hampir semua program-program dasarnya sudah ter-instal. Namun, ini bukan berarti Puppy Linux sekarang adalah distribusi berbasis Slackware.
Puppy 4 di-compile langsung dari source dengan T2 (Open System Development Environment project) [2] untuk memperkecil ukuran dan menambah fungsionalitas dibanding versi 3. Aplikasi berbasis GTK+ 1.x dan Tcl/Tk juga diganti dengan yang berbasis GTK+ 2 sehingga tampilan GUInya lebih indah dan konsisten dengan GUI sistem operasinya. Puppy 4.1 semula direncanakan sebagai karya terakhir Barry Kauler dan selanjutnya pengembangan Puppy akan diserahkan pada beberapa developer tepercaya, namun ternyata Barry kembali di 4.3.

Selain itu, pada tiap versi, ada Puppy Unleashed yang terdiri lebih dari 500 paket program yang dapat dipilih sesuai kebutuhan pengguna untuk membuat live CD khusus dengan memakai “remaster tool”.
Puppy 5 dibuat dengan Woof suatu perangkat lunak untuk merakit Puppy Linux dari paket-paket distribusi GNU/Linux lain, misalnya: paket-paket Ubuntu, Debian, Slackware, Arch, dll.

C. GUI (Graphical User Interface)
Puppy menyediakan 2 pilihan server grafik: X.org (lengkap) dan Xvesa (ringan). Sebuah alat bantu, pada saat proses awal (start-up), akan membimbing pemakai melakukan pengaturan server grafik agar sesuai dengan kartu video dan monitor yang dipakai. Setelah selesai, monitor akan menampilkan desktop dengan window manager (WM); WM standar pada kebanyakan edisi Puppy adalah JWM. Puppy 2.15 Community Edition menyediakan IceWM sebagai window manager standar.
Paket DotPup dari IceWM, Xfce, Fluxbox dan Enlightenment juga tersedia lewat link di Puppy Linux Wiki.
Saat sistem operasi melakukan boot, semua paket-paket Puppy dimuaikan dalam RAM, atau disebut “ramdisk”. PC perlu setidaknya 128 MB RAM (dengan maksimum 8 MB untuk keperluan kartu video) agar Puppy sepenuhnya bekerja dalam ramdisk. Namun, Puppy juga dapat bekerja dengan PC yang hanya mempunyai sekitar 48 MB RAM karena sebagian sistem dapat disimpan dalam hard drive, atau CD sebagai pilihan terakhir (sebab agak lambat).
Puppy adalah sebuah sistem lengkap yang bekerja sepenuhnya dalam ramdisk; aplikasi-aplikasi standarnya dipilih dengan pertimbangan cermat, khususnya yang berhubungan dengan ukurannya. Untuk memenuhi sasarannya sebagai distribusi yang mudah digunakan, Puppy menyediakan berbagai alat bantu atau “wizard” yang akan membimbing pemakai melakukan pengaturan umum.

D. Daftar Turunan Puppy (Puplet)
Berikut ini adalah daftar dari sebagian besar turunan Puppy (disebut juga Puplet) sesuai daftar di Puppy Linux Community Website dan murga-linux.com.





One response to this post.

  1. menarik..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: